Untuk kamu yang mau memulai bisnis, tidak ada salahnya untuk mencoba peluang usaha di Bulan Puasa Ramadhan. Karena Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan. Di bulan yang suci ini, pintu rezeki akan dibuka selebar-lebarnya oleh Allah. Daripada waktu luangmu terbuang sia-sia, mending buat berbisnis saja ya. Siapa tau jika bisnis sampingan ini digeluti dengan serius, akan menjadi awal terbukanya pintu rezeki baru buat kamu. Walaupun rezeki yang diberikan tuhan itu berbeda, tidak ada salahnya jika kita mau mencari dan mencoba peluang yang ada.

Peluang Usaha di Bulan Puasa Ramadhan

peluang usaha di bulan ramadhan, peluang usaha, usaha di bulan ramadhan, bisnis bulan ramadhan, bisnis yang cocok di bulan puasa

Jika kamu tertarik menjadi pengusaha suskes atau hanya sekedar pengisi di Bulan Puasa, silahkan simak apa saja bisnis yang bisa kamu lakukan di Bulan Ramadhan ini. Ada beberapa jenis bisnis yang bisa kamu lakukan selama bulan ramadhan dan bisa dilakukan selain di bulan puasa.

1. Jual Makanan Takjil

Dagang makanan atau minuman untuk berbuka puasa memang yang paling banyak diminati oleh para pedagang. Bahkan, yang tadinya tidak berdagangpun bisa tiba-tiba jualan. Karena caranya cukup mudah dan tidak repot. Kamu bisa menyewa stand atau berjualan di depan rumah sendiri. Makanan yang kamu jual bisa berupa makanan ringan seperti gorengan, sop buah, kolak atau makanan berat seperti nasi uduk, nasi kuning, lontong sayur, kupat tahu dan lain-lain.

2. Usaha Makanan sahur

Namanya puasa pasti tidak lepas dengan yang namanya sahur. semua orang yang berpuasa pasti melakukannya. Termasuk anak kost seperti saya. Terkadang anak kost kesulitan untuk mencari makanan untuk sahur. Selain tidak adanya dapur di kamar, tempat makan yang biasanya buka juga tutup. Nah, kamu bisa mencoba bisnis ini, apalagi tempat tinggalmu dekat dengan rumah kost atau kontrakan ini merupakan peluang besar bagi kamu. Kamu bisa menawarkan kepada para penghuni rumah dengan paket sahur supaya mereka tidak kesusahan lagi mencari tempat makan untuk makan yang merupakan kegiatan sunah ini.

3. Jual Kue Kering Untuk Hari Raya Idul Fitri

Idul Fitri adalah hari yang paling di tunggu-tunggu setelah puasa selama satu bulan lamanya. Biasanya di Hari Raya setiap orang membutuhkan makanan untuk suguhan tamu-tamu yang datang ke rumah. Nah, dengan memanfaatkan momen ini, kalian bisa mencoba berjualan kue kering sendiri. Atau jika belum ada modal kalian bisa menjadi reseller penjual kue, Pokoknya gunakan kesempatan ini sebaik mungkin, karena peminat kue kering ini banyak sekali lho. Tips jika berbisnis ini, cobalah untuk menjual kue yang beraneka ragam jenis dan rasa karena orang bisanya lebih tertarik dengan sesuatu yang unik dan bermacam-macam. Jangan lupa juga bahwa rasa adalah segalanya...

4. Jasa Pembuatan Kartu Lebaran

Ada yang bilang menggunakan kartu lebaran adalah cara yang kuno. Padahal, peluang dari usaha ini sangatlah besar. Apalagi jika kamu jago dalam mendesain dan punya percetakan sendiri. Pasti yang pesan banyak sekali. Manfaatkanlah kesempatan ini.

5. Jasa Membuat Parsel Full-Set

Nah, buat kamu yang mahir merakit parsel menjadi cantik dan unik, ini kesempatan bagus buat kamu jalanin. Mengenai isinya bisa kamu sesuaikan dengan keinginan pelanggan, seperti kue kering, aneka sirup, aneka buah-buahan, wafer, astor, bunga hias, atau pernak-pernik lebaran.

6. Jasa Sopir Pribadi Untuk Mudik

Buat yang jago bawa kendaraan, bisnis ini bisa kamu jalani selam Bulan Puasa. sebenarnya bukan buat mudik aja jasa sopir ini. sopir pribadi juga sering dipakai untuk hal-hal umum seperti mengantar ke tempat tertentu, Jadi jangan khawatir jika tidak ada peminat. Yang pasti ketika kamu jadi sopir pribadi untuk mudik, kamu harus siap kehilangan waktu Hari Besar bersaman keluarga tercinta.

7. Jasa Pembersih Rumah

Bisa dibilang ini merupakan bisnis yang paling mudah. Asalkan kamu benar dalam mengerjakannya. Jika kamu banyak waktu luang, tawarkan jasa ini ke orang terdekatmu, bisa tetangga, saudara, teman kerja, teman kampus dan lainnya. Kamu bisa memasang tarif Rp 30.000 - 150.000 untuk jasa ini tergantung luas tempat yang kamu bersihkan.

8. Jasa Anyaman Daun Ketupat

Ini juga boleh kamu coba jika kamu sudah mahir membuat anyaman daun ketupat. Modal yang dikeluarkan juga tak banyak, hanya daun kelapa muda. Di Bulan Ramadhan ini sudah pasti bakal kebanjiran orderan untuk membuat anyaman ketupat ini.

9. Jual Produk Fashion dan Busana Muslim

Walaupun usaha ini tidak hanya di Bulan Ramadhan saja, tapi berjualan produk fashion biasanya akan meningkat menjelang hari raya, dimana setiap orang menginginkan baju baru di Hari Raya Idul Fitri. Bisnis busana muslim bisa kamu pilih karena biasanya orang-orang membeli pakaian ini untuk sholat ied atau ketika akan berziarah kepada keluarga yang telah mendahului mereka. Jangan lupa untuk memberikan produk dengan kualitas terbaik. Karena dengan memberika kesan yang baik kepada pembeli, bisa jadi kamu di percaya untuk menjadi pelanggan tetap mereka.

10. Bisnis Perlengkapan Sholat

Bulan ramadhan biasanya waktu yang digunakan orang-orang untuk memperbanyak amal ibadah. Dengan memperbanyak ibadah, biasanya orang juga ingin tampil beda dari hari biasanya terutama perlengkapan sholat yang selalu dipakai ketika mau sholat tarawih. Oleh karena itu, peluang ini sangat brilliant untuk dilakukan agar mendapatkan keuntungan. Untuk produk yang akan kamu jual, kamu bisa memasarkan sarung, mukena, peci, sejadah, minyak wangi atau produk lainnya. Jika ditekuni dengan benar, bisnis ini akan mendatangkan keuntungan yang melimpah.

11. Membuat Cafe atau Warung Tradisional

Jika kamu memiliki banyak modal, bikin cafe atau warung tradisional bisa jadi ide yang cemerlang. Pada bulan ramdhan kamu bisa sambil kenalin cafe atau warung kamu ke orang-orang dan tunjukkan apa saja yang tersedia di cafe mu itu.

12. Jasa Penukaran Uang Receh / Uang Kecil

Pencari penukar uang kecil ini biasanya sampai H-1 masih banyak lho. Kamu bisa mencoba jasa ini ketika menjelang lebaran. tapi perlu diingat, kamu harus kasih tau kepada konsumen berapa potongan yang diambil ya. Supaya tidak terjadi kegiatan riba.

13. Jualan Buah

Berbukalah dengan yang manis... contoh yang manis salah satunya adalah buah. Buah selalu dijadikan teman saat berbuka puasa karena rasanya yang manis yang akan memberikan kesegaran dalam tubuh kita. Kamu bisa coba dengan menjual berbagai macam buah seperti buah apel, jeruk, anggur, kurma, melon, semangka dan semacamnya. Dijamin jualan kamu bakalan laris manis lho...

14. Bisnis Jualan Sandal

Selain pakaian dan busana muslim yang selalu diburu masyarakat pada Bulan Ramadhan, Berjualan sandal juga sangat banyak sekali peminatnya. Kalian bisa melihat biasanya orang yang berjualan pakaian pasti juga berjualan sandal dan selalu ramai pembeli. Siapa yang beli pakaian baru, pasti membeli sandal baru juga. Rasanya memang tak lengkap ketika membeli pakaian tanpa membeli sandal. Bagi anda yang ingin menggunakan kesempatan ini untuk mendapatkan keuntungan besar, jualan sandal sangat cocok dilakukan di bulan puasa ini. Apalagi menjelang Lebaran, pasti banjir pembeli. Usahakan kamu menjual sandal dengan harga yang variatif. Mulai dari yang paling murah sampai yang bermerk. Karena tidak hanya dari kalangan atas yang membutuhkan sandal baru. Kalangan menengah kebawah pun membutuhkannya.

15. Bisnis jualan Sepatu

Tidak hanya sandal, sepatu juga merupakan barang favorit yang dicari ketika menjelang Lebaran. Sepatu baru biasanya mereka beli untuk mengganti sepatu bekas kerja, kuliah atau sekolah anaknya. Jadi jangan anggap remeh dengan usaha yang satu ini. Jika kamu mau men stok barang sendiri pastikan punya banyak modal karena sepatu memiliki harga dan kualitas yang berbeda dengan sandal.

16. Bisnis Pemesanan Tiket

Beberapa hari menjelang lebaran biasanya orang selalu sibuk kesana kemari mencari tiket untuk pulang kampung. Malai dari bus, kereta, perahu sampai pesawat. Mulai dari datang langsung ke loket sampai via online selalu ramai pembeli. Bagi orang yang cerdas, peluang ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Tidak sedikit agen perjalanan yang menyediakan tiket akan memberikan pewaran spesial bagi anda yang membutuhkan tiket kedaraan untuk tranportasi mudik dan bertemu keluarga tercinta.
Selain banyaknya pembeli, bisnis reservasi tiket ini sangatlah menguntungkan karena harga tiket di Bulan Puasa apalagi menjelang lebaran pasti melambung tinggi, sehingga dengan permintaan yang tinggi tersebut otomatis keuntungan yang kamu dapatkan akan bertambah besar. Coba saja...

17. Bisnis Rental / Sewa Kendaraan

Jika kamu punya mobil lebih atau tidak terpakai, kamu bisa memanfaatkannya untuk disewa kepada orang yang ingin pulang kampung. Karena biasanya jasa transportasi umum sangat padat kadang mereka sampai kehabisan tempat duduk atau tidak dapat tiket perjalanan mudik menjelang lebaran, maka dari itu peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk kamu yang punya mobil lebih atau tidak terpakai. Kamu bisa menawarkan rental mobil ini ke tetangga, teman kantor atau siapapun yang kamu tahu mereka akan pulang kampung.

18. Agen Penyalur Asisten Rumah Tangga (ART)

Ketika musim lebaran tiba, biasanya orang yang tinggal di perkotaan akan mencari asisten rumah tangga khusus lebaran karena asisten tetap mereka semua pada pulang kampung juga dan dalam waktu yang cukup lama. Karenanya, menjadi agen Asisten Rumah Tangga (ART) merupakan bisnis yang sangat menguntungkan yang bisa kamu coba menjelang lebaran. Setelah kamu mendapatkan orang yang ingin bekerja sebagai ART, kamu bisa menawarkan ke tempat-tempat yang biasanya memiliki ART dirumahnya dan selalu pulang kampung jika Lebaran tiba.

18. Bisnis Oleh-Oleh

Terkadang, kita yang punya rencana untuk mudik lebaran selalu berfikir untuk membawakan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Oleh sebab itu, peluang bisnis kue Lebaran ini akan sangat menjanjikan jika ditekuni dengan benar. Untuk kamu yang tinggal di daerah yang mempunya makan khas, bisa menjual makanan khas daerah tersebut. Seperti tape untuk yang tinggal di Bandung, Dodol jika tinggal di garut atau pempek jika kamu berada di Palembang. Tak hanya makana, pernak pernik, kerajinan tangan, atau perhiasan pun bisa dijadikan oleh-oleh.

20. Menjual Toples Kue

Selain kue lebaran, toples kue juga sering di buru bagi mereka para penjual kue atau yang suka membuat kue dirumahnya. Banyak sekali rumah rumah yang disaat lebaran selalu menghidangkan makanan tapi dengan kemasan yang itu-itu saja. Nah jika kamu orang yang kreatif, kamu bisa menjual berbagai macam toples kue yang unik dan menarik dari biasanya. Entah itu toples dengan pita yang cantik, bentuk hati atau berbagai macam toples unik lainnya. Dengan tampilan kemasan yang unik, para tamu pun akan tertarik untuk mencicipi kue tersebut. Bahkan bisa jadi orang akan bertanya darimana mendapatkan kue tersebut. Pasti kamu aka medapatkan untung yang lebih banyak lagi bukan?

21. Jualan Kembang Api

Kembang api berbeda dengan petasan. Kembang api hanya menhasilkan percikan api menyerupai bunga. Tidak menghasilkan ledakan yang bisa merugikan banyak pihak seperti yang sudah banyak terjadi dimana-mana. Kembang api ini tidak berbahaya dan bisa dimainkan oleh anak-anak asal masih dalam pengawasan orang dewasa. Menyalakan kembang api sudah menjadi tradisi masyarakat untuk memperingati berbagai acara seperti tahun baru, hari raya imlek atau hari kemerdekaan. Walaupun terlihat seperti bisnis kecil-kecilan, namun modal untuk menjual kembang api tidaklah kecil. Walaupun demikian, keuntungan yang didapat dari bisnis ini bisa sampai dua kali lipat dari harganya.

22. Usaha Tambal Ban

Ketika lebaran akan tiba (sekitar seminggu sebelum lebaran) pasti jalur kendaraan akan penuh dengan pemudik. Ada yang memakai mobil ataupun motor untuk mereka pulang menuju kampung halamannya. Karena banyaknya kedaraan yang berlalu-lalang, pasti akan terjadi berbagai macam kendala seperti kemacetan atau yang paling parah adalah mengalami kebocoran ban. Jika kamu tinggal di daerah yang strategis dan sering dilewati banyak kendaraan, peluang ini bisa kamu ambil karena pasti ada saja hal-hal yang telah disebutkan. Walaupun hanya sekedar mengisi angin ban nya saja. Usaha ini tidak memerluka keahlian khusus asal ada kemauan dan peralatan yang mumpuni kamu bisa memulainya. Jika usaha ini kamu lakukan dengan tekun malah bisa jadi akan kamu tekuni seterusnya sampai kamu sukses.

23. Menjual Bahan Bakar Eceran

Selain kendala ban bocor, keresahan pengendara ketika diperjalanan adalah habisnya bahan bakar. Kamu yang lokasinya dilewati banyak kendaraan dan jauh dari POM bensin, ambilan kesempatan ini untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya.

24. Jualan Kurma

Di bagian usaha berjualan buah sebenarnya sudah di singgung tentang kurma. Namun disini khusus untuk yang akan menggeluti usahanya pada jualan kurma saja. Karena kurma memiliki banyak sekali jenis dan rasanya kalian bisa mencoba berjualan semua jenis kurma yang ada supaya orang lain merasa penasaran dengan kurma yang belum pernah mereka cicipi sebelumnya yang membuat mereka akan membeli dan terus membeli lagi. Berjualan kurma mendapatkan keuntungan yang manis, semanis buahnya.

25. Jual Sayuran Mentah

Walaupun jualan sayur mentah mempunyai untung yang tidak begitu besar dari usaha lain, jika kamu mampu menjualnya dalam jumlah besar maka keuntungan yang kamu dapatkan juga akan semakin besar. Bisa menawarkan sayuran tersebut ke Ibu-Ibu tetangga rumah atau menjual ke tukang sayuran jika kamu mempunyai kebun sayur sendiri.

26. Jualan Mainan Anak

Tugas utama orang tua adalah mendidik anak. Salah satu cara mendidik anak adalah dengan melatihnya berpuasa di Bulan Ramadhan. Banyak yang mendidik anaknya yang masih kecil dengan melatihnya puasa namun masih di iming-imingi dengan hadiah berupa mainan misalnya. Darisana kita bisa mengambil peluang dengan menjual aneka mainan anak yang tidak membatalkan puasa tentunya. Ide yang bagus bukan?

27. Usaha Kolam Pemancingan

Ngabuburit adalah kegiatan yang wajib dilakukan untuk menunggu datangnya waktu adzan maghrib. Untuk menunggu adzan banyak cara yang orang lakukan salah satunya pergi ke tempat pemancingan. Selain untuk tempat ngabuburut, kolam pemancingan juga digunakan orang sebagai tempat untuk menghabiskan waktu. Bagi anda yang bisa mencari celah seperti ini, membuka tempat pemancingan adalah ide yang tidak bisa dianggap remeh ketika sudah menghasilkan.

28. Jasa Jahit Vermak

Bagi kalian yang pintar dalam hal jahit-menjahit, cobalah untuk membuka jasa menjahit. Karena tidak sedikit orang yang memesan baju untuk dipakai dihari Lebaran. Alasan mereka lebih memilih membeli ke tempat vermak selain karena biaya yang terjangkau, ukuran baju atau motivnya bisa sesuai dengan apa yang diinginkan dan biasanya mereka membuat setelan baju seragam untuk satu keluarga. Jadi bisa dibayangkan berapa keuntungan yang di dapat jika satu keluarga terdiri dari lima anggota. Banyak ya? jadi silahkan dicoba ya.

29. Berjualan Make Up

Bagi perempuan, tampil cantik maksimal adalah hal yang wajib. Walaupun pakai baju mewah, jika penampilan kurang menarik akan menjadi tak serasi. Peluang ini yang bisa kamu gunakan untuk menarik minat banyak wanita. Kamu bisa menjual berbagai alat kecantikan seperti bedak, lipstik atau parfum atau alat kecantikan seperti softline, maskara, smoothing rambut dan lain-lain.

30. Menjual Lampion

Pada malam takbiran, lampion sangat menarik bagi anak-anak ataupun orang dewasa. Selain untuk hiasan, lampion bisa kamu gunakan untuk menerangi langit-langit yang indah di malam hari.

31. Jasa Penjagaan Rumah

Tidak kalah dengan usaha lain, menjadi security rumah juga menjadi bisnis yang menggiurkan. Komplek perumahan disaat Lebaran biasanya ditinggal mudik oleh pemiliknya. Oleh karena itu, coba kamu tawarkan jasa keamanan selama pemiliknya meninggalkan rumahnya. Lumayan buat menambah uang jajan kamu kan?

32. Jasa Penitipan Hewan

Banyak orang yang hobi memelihara hewan mulai dari kucing, anjing, unggas, ikan hingga reptil. Jika sang pemilik pulang ke kampung halaman, tidak ada yang mengurus hewan peliharaan mereka. Kamu bisa menawarkan jasa penitipan hewan peliharaan selama ditinggal mudik pemiliknya. Yang perlu kamu tau, usaha ini harus memiliki keahlian khusus tentang mengurus hewan.

33. Usaha Salon / Pangkas Rambut

Usaha yang ramai di Bulan Ramadhan lainnya yaitu usaha pangkas rambut. Kegiatan Umat muslim sebelum Lebaran tiba biasanya bersih-bersih baik di luar atau dalam diri sendiri. Masalah kebersihan tak lepas dari yang namanya gunting kuku, gunting rambut, perawatan tubuh, perawatan rambut atau yang lainnya. Usaha salon ini membutuhkan skill dan pengalaman yang cukup. Jadi, jika kita mau membuka usaha potong rambut ini tapi tidak punya keahlian, kita bisa bekerjasama dengan orang yang sudah mahir di bidang ini.

34. Jasa Promosi

Ini kunci dari semua usaha diatas. Jika kamu tidak mempunyai modal, cobalah untuk menjadi jasa promosi dari ke 33 usaha di atas dengan syarat kamu mendapatkan komisi dari setiap orang yang membeli produk yang kamu promosikan. Dengan menjadi seorang promotor kamu akan lebih mudah dikenal banyak orang khususnya para pengusaha, dan juga peluang keuntungan yang kamu dapatkan akan menjadi yang paling besar. Bayangkan saja, jika 1 usaha di atas kamu mendapat komisi 1 juta per bulan, tinggal dikali 33. Jadi untung yang kamu dapatkan sebagai seorang promotor atau orang yang mempromosikan dagangan diatas adalah Rp 33.000.000 (tiga puluh tiga juta rupiah). Sedikit atau banyak? Jadi kamu tertarik menjadi pengusaha atau jasa promosi? Tentukan pilihanmu.

Untuk menyambut bulan yang penuh berkah ini, anda bisa mencoba ragam peluang usaha di Bulan Puasa Ramadhan yang akan mendapatkan keuntungan besar. Mulai dari usaha makanan untuk berbuka puasa, pakaian muslim, oleh-oleh khas daerah, sampai kue lebaran dan lain-lain yang bisa kamu coba sebagai wadah bekal kamu nanti jika ingin melanjutkan usaha tersebut. Ketika kamu ingin memulai sebuah bisnis, pastikan kamu punya modal dan perhitungan yang matang juga agar bisnis kamu mendapatkan untung yang melimpah bukannya rugi. Tapi ada banyak juga usaha tanpa modal yang bisa kamu lakukan jika kamu tidak mempunyai modal sekalipun asalkan kamu bersungguh-sungguh ingin menjadi pebisnis yang sukses.

Dari 34 peluang usaha di Bulan Ramadhan diatas, semoga kamu sudah menentukan bisnis apa yang akan kamu jalankan. Atau dari kalian para pembaca setia xbisnis.com sudah ada yang memulainya sejak lama? Jika ada silahkan share di kolom komentar bisnis apa yang sudah kalian jalankan dan jika ada saran kami mohon saran dan masukannya dari anda. Atau punya ide bisnis lain yang lebih menjanjikan? Silahkan share di kolom komentar ya. Terimakasih sudah membaca artikel ini, jika bermanfaat dipersilahkan untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara klik salah satu icon media sosial yang ada dibawah artikel ini. semoga bermanfaat dan SALAM SUKSES!!!